Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 12 Januari 2017 12:01 WIB

Anies-Sandi Janji Berikan Fasilitas Gratis Bagi Warga

Jakarta, HanTer – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji bila terpilih dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, dia akan mewujudkan Jakarta sebagai kota yang maju dengan warga yang bahagia. Mantan Menteri Pendidikan ini juga akan memberikan berbagai fasilitas gratis, seperti pendidikan dan kesehatan. Dia juga menjanjikan menyiapkan lapangan pekerjaan, membina pedagang kaki lima dan tidak melakukan penggusuran.

Anies Baswedan mengatakan Jakarta harus dibangun menjadi kota yang adil, baik dalam berusaha, pendidikan maupun layanan kependudukan.  "Apa artinya kota yang maju kalau warganya tidak bahagia," ujarnya.

Saat bertemu warga Pademangan, Jakarta Utara, Anies menyangkan warga setempat  tidak pernah melihat pantai. “Rumah mereka berseberangan dengan Ancol, tetapi mereka sendiri tidak pernah pergi ke Ancol," kata Anies di Gelanggang Olahraga Sunter, Jakarta Utara, Rabu.

Anies mengatakan pada akhirnya warga Jakarta Utara merasa bukan sebagai warga yang tinggal di kawasan pesisir pantai. Karena itu, Jakarta harus dikembalikan kepada warga.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu berencana akan membuka Ancol untuk publik dan menggratiskan tiket masuknya. Sebab Anies menilai banyak warga yang keberatan dengan nominal harga tiket masuk yang terlampau mahal, yakni berkisar Rp30-40 ribu per orang per kendaraan.

"Akses ke pantai inilah yang nantinya akan kami berikan ke warga. Sehingga warga merasa mereka memiliki Jakarta seutuhnya terutama pantainya," jelas Anies.

Inisiator Indonesia mengajar itu juga yakin, kunjungan warga selain meningkatkan wisata di Jakarta juga akan berdampak pada langakah lemerintah menata dan membuat asri garis pantai di Jakarta.

Selain pantai, Anies juga akan menambah alternatif wisata lain di Jakarta. Sebab selama ini warga Jakarta hanya terbatas pada keberadaan mall yang makin menjamur. Nantinya akan banyak dikembangkan taman-taman publik serta lokasi wisata sejarah.

"Poinnya kami akan tetap menyediakan aksesnya terlebih dahulu, seperti dengan bus wisata atau yang lainnya," kata Anies.

Dengan banyaknya tempat wisata di Jakarta, Anies yakin cita-cita untuk membuat bahagia warganya akan terwujud.

Rangkul PKL

Sementara itu, Cawagub Sandiaga Salahudin Uno, menaruh perhatian khusus dalam pembangunan manusia di Jakarta, bukan pembangunan infrastuktur fisiknya saja. Salah satunya adalah pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL) sehingga bisa tumbuh berkembang dan menjadi motor pergerakan ekonomi Jakarta. Hal tersebut disampaikan Sandi dalam kunjungannya kepada warga di Jalan Mitra Sunter, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Rabu (11/1).

Pedagang Kaki Lima, sambung Sandi, harus dapat diberdayakan karena mereka telah perperan dalam menyediakan kebutuhan bagi masyarakat kelas bawah.

"Kita tidak boleh meniadakan mereka (PKL), karena mereka menjadi supply penting atas barang-barang ke kita. Para pegawai dan karyawanpun masih banyak yang makan, sarapan ke PKL ini," terang Sandi.

Mantan Ketua Umum HIPMI ini berharap agar PKL dapat naik kelas dan lebih sejahtera. Karena itulah, Ia menekankan bahwa PKL tidak perlu digusur. "Kita berkomitmen agar PKL tidak digusur. Kita harus berikan solusi kepada mereka," tegas Sandi.

Perkembangan PKL, menurut Sandi, dapat diberikan melalui pelatihan dan pendampingan wirausaha melalui program OK OCE. Program ini akan memfasilitasi dunia usaha melakui permodalan hingga pendampingan oleh wirausaha yang sebelumnya telah sukses di bidangnya masing-masing.

Dengan demikian, Sandi berharap PKL menjadi bagian utuh dan penting dari kemajuan Jakarta. Hal ini sesuai dengan visi misi pasangan nomor tiga ini yang tidak hanya memajukan kotanya, namun membuat warga kotanya bahagia. "PKL akan menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi kita, insya Allah," ujar Sandi.

(Sammy)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
Google News - harianterbit.com
free web stats